Pedang Paling Tajam di Dunia

4:43 pm 0 Comments


Tahukah anda pedang Sword of Damascus merupakan pedang paling tajam di dunia ini.



Ketika Perang Salib, tentera Eropah telah dikejutkan dengan pedang yang dimiliki oleh pasukan Arab dan Parsi. Pedang mereka dengan mudah menembus baju zirah tentera crusader, bahkan mampu memutuskan pedang.

Inilah Pedang Damaskus, dibuat dari besi yang disepuh dengan teknik khusus sehingga boleh memiliki mata yang sangat kuat dan tajam.

Teknik membuatan pedang ini begitu rahsia hanya beberapa keluarga pandai besi di Damascus saja yang menguasainya, inilah sebabnya teknik pembuatan besi Damsik akhirnya hilang begitu sahaja.




Hingga kini teknologi metalurgi yang paling canggih pun belum mampu membuat pedang yang lebih tajam dari Pedang Damascus.

Pedang Damascus adalah pedang yg paling tajam di dunia, lebih tajam daripada Katana Jepang maupun Keris Melayu. Selain kuat, besi Damascus juga sangat lembut sehingga betul-betul sempurna untuk dijadikan pedang atau pisau.




Pedang ini juga mampu membelah sutera yang dijatuhkan ke atasnya, dan juga mampu membelah pedang lain atau batu tanpa mengalami kerosakan tumpul atau sumbing.

Sebuah penelitian melalui mikroskop menemukan bahwa pedang ini ternyata memiliki bermacam lapisan kaca dipermukaannya. Boleh dikatakan para ilmuwan muslim di timur tengah telah mencapai teknologi nano sejak seribu tahun yg lalu.

Beberapa ahli metalurgi modern mengaku telah berhasil membuat besi yangg serupa dengan besi Damascus , namun tetap belum berhasil meniru 100%.

Teknik pembuatan Pedang Damascus termasuk salah satu pengetahuan Islam yang terbilang. Pedang, Tombak, dan Pisau Damascus yang kini ada dipamerkan di muzium di seluruh dunia.

sumber: Anakulucheka

0 comments: